Cara Merawat dan Pakan untuk Mempercepat Pertumbuhan Bulu Ayam Bangkok

 

Ayam terutama jenis ayam aduan, seperti halnya ayam bangkok kadang akan mengalami kerontokan bulu, yang biasa disebut dengan mabung. Untuk membuatnya lebat lagi, Anda harus melakukan beberapa langkah perawatan, terutama harus memperhatikan pakan untuk mempercepat pertumbuhan bulu ayam bangkok ini.

Sebenarnya mabung ini merupakan salah satu fase yang memang wajar terjadi, biasanya pertama kalinya di usia 19 bulan. Durasi masa mabung ini berkisar antara 3 hingga 6 bulan.

Ayam bangkok sendiri sudah dikenal sebagai ayam aduan. Tak sekadar arena judi, tetapi di zaman dulu, sabung ayam bisa dikatakan sebagai kegiatan kemasyarakatan. Selain ayam bangkok, ada juga jenis ayam aduan lain seperti ayam kinantan atau ayam wareng. Namun, yang paling digemari memang adalah ayam bangkok, karena itu harganya lebih mahal.



Mengapa Bulu Ayam Rontok?

Merawat ayam bangkok supaya senantiasa menarik, sehat, dan kuat tentu bukan perkara mudah. Terutama soal bulu, yang kadang mengalami kerontokan setelah diadu. Kerontokan bulu ini akan membuat ayam tidak tampak menarik, lagi pula buruk juga untuk kesehatannya. Pasalnya, bulu ayam tak sekadar aksesori, tetapi juga pelindung untuk tubuh agar ia tidak kedinginan.

Pastinya, pemilik ayam bangkok mana pun ingin supaya ayamnya punya bulu yang indah, lebat, dan utuh.

Namun, perlu Anda ketahui, bahwa kerontokan bulu pada ayam juga bisa bersumber dari pakannya. Biasanya ini terjadi ketika ayam Anda kekurangan protein yang kritis dari makanan, yang biasanya merupakan pakan olahan sendiri yang dicampur dengan pakan pabrikan.

Karena itu, jika memang Anda hendak menekan biaya operasional dengan membuat pakan ayam sendiri atau dicampur dengan pakan buatan pabrik, unsur protein ini haruslah diperhatikan dengan baik jika Anda tidak ingin ayam mengalami kerontokan bulu akut. Misalnya ditambah dengan unsur lain yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar mempercepat pertumbuhan bulu ayam bangkok.

Tip Mempercepat Pertumbuhan Bulu Ayam Bangkok

1. Sediakan kandang khusus

Kandang khusus ini dimaksudkan sebagai tempat isolasi bagi ayam bangkok yang sedang mengalami mabung, agar ia merasa lebih nyaman, tidak terganggu oleh ayam-ayam yang lain.

Jadi, pisahkan ayam yang sedang mabung dalam kandang tersendiri, dan pastikan kandangnya cukup nyaman untuk ditinggali.

Jauhkan kandang dari air, karena air akan dapat membuat bulu-bulunya kencang. Tutup rapat kandangnya, terutama jika musim penghujan jangan sampai bocor. Hindarkan juga dari paparan sinar matahari langsung.

2. Tak usah diumbar

Pada umumnya, ayam mabung akan lebih banyak diam lanatran ia mengalami penurunan kekuatan fisik. Dengan demikian, akan lebih baik jika ia tidak diberi kegiatan yang terlalu melelahkan.

Biarkan saja ia di dalam kandang, tak perlu diumbar ke luar. Hati-hati jika Anda hendak memegang ayam, karena kulitnya sangat sensitif. Akan terasa sakit saat disentuh karena bulu-bulu halus yang sedang tumbuh.

Jagalah supaya bulu-bulunya yang baru muncul tidak rusak, apalagi di bagian sayap. Pasalnya, bulu-bulu pada sayap inilah yang akan berpengaruh pada kuatnya pukulan ayam ketika diadu.

3. Berikan pakan untuk mempercepat pertumbuhan bulu ayam

Dalam masa pemulihan pertumbuhan bulu-bulu ini, ayam akan butuh ekstra protein, mineral, dan vitamin, karena di masa mabung, otot ayam akan menjadi lemah. Bahkan sering terjadi juga penurunan berat badan.

Berikut pakan untuk mempercepat pertumbuhan bulu ayam yang tepat:

·         1 – 2 ons udang rebon mentah atau terasi

·         Jagung kuning

·         Minyak zaitun

·     Jangkrik, yang terbukti mengandung zat yang mirip dengan kelenjar minyak pada pangkal ekor ayam bangkok. Berikan 5 ekor jangkrik setiap pagi dan sore.

4. Berikan suplemen

Dalam masa mabung ini, selain Anda harus memperhatikan pakan untuk mempercepat pertumbuhan bulu ayam, berikan juga vitamin A untuk ayam.

Vitamin B Kompleks juga dapat mempercepat pertumbuhan bulu ayam bangkok.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, di masa ini, kebutuhan protein dan multivitamin ayam akan meningkat. Kekurangan asupan gizi akan memberikan dampak periode pertumbuhan bulu yang lebih lambat. Jadi, tambahkan suplemen yang mengandung protein dan multivitamin yang dibutuhkan oleh ayam.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa memberi ayam obat penumbuh bulu yang sering diberikan juga pada burung. Berikan obat ini secara rutin.

Nah, memang ketika masih berada dalam masa mabung, ayam akan membutuhkan perhatian yang lebih dari Anda. Namun, ketika sudah melewati masanya, ayam dapat dilatih kembali. Tetapi, ada baiknya latihan ini dilakukan secara bertahap dan dimulai dengan pemanasan terlebih dahulu selama beberapa hari.

Demikian beberapa cara untuk merawat ayam mabung, sekaligus membuat pakan untuk mempercepat pertumbuhan bulu ayam. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara membuat pakan ayam agar cepat gemuk