Cara Beternak Kambing dengan Cepat Menghasilkan

Beternak Kambing – Kambing atau yang biasa di sebut domba merupakan hewan pemakan rumput/ramban. Tentunya sangat mudah sekali cara untuk mengembang biakannya. Karena dalam satu tahun, hewan ini bisa beternak dua kali dalam satu tahun. Tergantung jenis dombanya. Nah, dalam artikel kali ini saya akan mengulas sedikitnya tentang cara membudidayakan kambing. Mari kita simak baik-baik artikel di bawah ini dengan seksama. 



Cara Membudidayakan Kambing supaya Menguntungkan

Sebetulnya cara berternak atau membudidayakan hewan seperti kambing ini bisa kita pelajari dari orang-orang yang sudah berpengalaman langsung di bidangnya. Namun tidak ada salahnya untuk mempelajarinya sedikit dari media internet seperti ini.

Sangatlah mudah buat kita yang ingin berbisnis dari ternak kambing ini, selain makanannya yang mudah di dapatkan juga budaya ternak ini sudah menjadi kebiasaan orang-orang di sekitar kita. Adapun berbagai jenis makanan yang bisa kita gunakan untuk makanan kambing ini seperti daun lamotoro, daun nangka dan daun turi. Namun kita harus memperhatikannya dan lebih teliti dalam memberi asupan makanan yang memberikan efek yang baik untuk pertumbuhannya. 

Dalam artikel ini saya akan mengulas secara garis besarnya dalam berternak kambing dan hanya berlaku untuk kambing garut, kambing kacang, kambing pedaging, kambing boer, dan kambing susu. Untuk kita yang akan membudidayakan dengan keuntungan dari ternak domba ini tentunya harus di rencanakan terlebih dahulu tentang perencanaannya, managemen pemeliharaannya, dan panen juga pasca panennya, Karena dari 70% itu semuanya ada di sini.

Kambing merupakan hewan ruminansia dengan pemakan rumput yang hijau-hijau seperti rumput yang terdampar di sawah dan daun daunan yang ada di pohon. Sangat mudahkan, untuk mendapatkannya?
Membudidayakan atau berternak kambing sangatlah mudah jika di bandingkan dengan berternak sapid dan sangat lebih menguntungkan. Pun demikian dari segi pakannya atau makanannya. Yang terpenting kita harus meperhatikan makanannya dengan makanan yang biasa di makan saja.
( Baca juga : fermentasi pakan kambing )

Dan di bawah ini beberapa urutan dalam berternak atau membudidayakan kambing : 
  • Perencanaannya 
  • Menyediakan Kandangnya
  • Menyediakan Bibitnya 
  • Menyediakan pakannya 
  • Mengatur Managemen peternakannya 
  • Memperhatikan kesehatannya
  • Memperhatikan pertumbuhannya 
  • Menangani hasil panennya 
  • Menangani pemasarannya 
  • Dan Menangani pasca panennya
Mempersiapkan makanan untuk kambing sama halnya dengan hewan lainnya, yaitu dengan rumput atau daun-daun hijau kurang lebih 10% dari bobot berat kambing, terus konsentrat 2% dari bobot berat kambing dan leguminase atau bisa di sebut daun kacang kacangan kurang lebih 1% perhari. Perlu kita ketahui penyakit yang biasa menimpa kambing yaitu permasalahan dari badannya yang mengembung, maka hindarilah hal semacam ini karena akan menimbulkan sakit pada kambing.

Adapun pakan atau makanan sebagai konsentrat : 
  • Bungkil kelapa 
  • Dedak
  • Tepung ikan atau tulang 

Dan untuk lebih tepatnya anda bisa membelinya di took pakan khusus kambing, agar pertumbuhan kambing berbobot dengan sehat dan berkembang dengan cepat. 

Nah, itulah ulasan sedikitnya tentang cara beternak kambing dengan cepat menghasilkan. Semoga berguna untuk anda yang ingin memulai bisnis dengan berternak kambing.