Cara Membuat Pakan Ayam Sendiri dengan Bahan Alami

Pakan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan budi daya ayam, baik ayam kampung, ayam petelur, maupun ayam pedaging atau ayam potong. Namun, tidak sedikit peternak mengeluhkan harga pakan ayam kian mahal dan hal ini tentu menjadi kendala tersendiri bagi para peternak. Tahukah Anda jika pakan ayam yang sehat dan alami dapat Anda olah sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana? Lalu, seperti apa sajakah cara membuat pakan ayam yang dapat Anda lakukan dengan mudah?
cara membuat pakan ayam sendiri


Cara Membuat Pakan Ayam dari Ampas Tahu

Pemanfaatan ampas tahu untuk dijadikan pakan ayam merupakan salah satu penemuan yang memudahkan Anda. Pakan ayam ini dapat dibuat dengan bahan-bahan sederhana, yaitu 25 kilogram ampas tahu, 5-7 butir ragi tape atau 2-3 lembar ragi tempe, dan 500 gram mineral B12. Cara membuatnya pun mudah, yaitu sebagai berikut.
·       Peras ampas tahu hingga semua airnya keluar. Lalu kukus selama 30 menit. Setelah itu, angkat dan dinginkan dengan cara dihamparkan di lantai.
·       Tebarkan ragi tape atau ragi tempe dan mineral ke atas ampas tahu. Lalu aduk rata. Masukkan ke dalam ember atau drum plastik untuk diperam selama 2-3 hari hingga tercium bau wangi sebagai tanda selesainya proses fermentasi.
·       Keringkan ampas tahu dengan cara dimasukkan ke dalam oven. Jika tidak dikeringkan, ampas tahu tetap disimpan dalam ember, lalu ambil sedikit demi sedikit untuk langsung diberikan pada ternak. Ampas tahu yang dikeringkan bisa tahan hingga 2 bulan, sedangkan ampas tahu yang tidak dikeringkan hanya tahan selama satu minggu asal kedap udara.

Cara Membuat Pakan Ayam dari Daun Singkong

cara membuat pakan ayam sendiri

Daun singkong ternyata juga dapat dijadikan sebagai alternatif pakan ayam. Cara pembuatannya pun sangat sederhana, yaitu hanya dengan mencincang hingga lembut daun singkong yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Daun singkong cincang ini pun sudah bisa Anda berikan langsung pada ayam.
Selain cara tersebut, pakan ayam dari daun singkong juga dapat dibuat dengan campuran bekatul. Campurkan daun singkong yang sudah dicampurkan dengan bekatul, lalu campurkan dengan air panas hingga basah sekitar 60% saja. Dinginkan, dan adonan pakan sudah siap Anda berikan pada ayam ternak Anda.

Cara Membuat Pakan Ayam dari Daun Pepaya

Selain dari daun singkong, pakan ayam juga dapat dibuat dari daun pepaya. Bahan yang Anda butuhkan untuk membuatnya pun cukup daun pepaya yang masih mudah dan segar saja. Cara membuatnya pun sangatlah mudah dan sederhana.
  • Cincang atau cacah halus daun pepaya yang sudah dibersihkan, lalu jemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.
  • Tumbuk atau giling halus daun pepaya yang sudah dikeringkan, lalu ayak hingga didapatkan serbuk daun pepaya.
  • Daun pepaya halus ini dapat Anda campurkan ke dalam pakan ayam dan siap diberikan pada ayam.

Cara Membuat Pakan Ayam dari Singkong

Selain daunnya, ternyata singkong pun juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan ayam. Bahan yang Anda butuhkan untuk membuatnya adalah 50 gram singkong parut basah, 270 gram ampas tahu basah yang sudah dikukus, 80 gram dedak atau katul, dan 100 g Voor BR12. Cara membuatnya juga simpel, yaitu hanya dengan mencampur rata semua bahan tersebut, dan pakan ayam pun sudah dapat Anda berikan ke ayam peliharaan Anda.

Cara Membuat Pakan Ayam dari Umbi Talas

Sama seperti singkong, umbi talas pun dapat diolah menjadi pakan ayam alternatif. Untuk membuatnya, Anda juga membutuhkan bahan lainnya, yaitu 1 kg umbi talas yang sudah dicincang halus, 500 gram beras dolog, 500 gram dedak, dan 1 sendok makan tepung tulang. Cara pembuatan pakan ini sangatlah mudah, yaitu campurkan semua bahan, tambahkan air secukupnya, lalu rebus semua bahan di dalam drum, dan pakan ayam pun sudah dapat Anda diberikan ke ayam.

Cara Membuat Pakan Ayam dari Batang Pohon Pisang

Batang pohon pisang dikenal sebagai bahan pakan ternak sapi dan kambing. Ternyata lebih dari itu, gedebok pisang pun dapat dijadikan bahan tambahan pada pakan ayam.
Seperti halnya cara membuat pakan ternak sapi dan kambing, cara mengolah pakan ayam dengan memanfaatkan batang pohon pisang sangatlah mudah. Untuk membuat pakan ayam sebanyak 10 kilogram, bahan yang dibutuhkan adalah 2-3 kilogram ampas tahu atau roti basi, 2 kilogram dedak atau katul, 5 kilogram gedebok pisang,1/4 bungkus mineral unggas, 3 tutup botol cairan SOC, 25 gram gula pasir, dan air secukupnya. Cara pembuatan pakan ini pun cukup mudah, yaitu seperti berikut.
  • Larutkan gula pasir dan air, lalu masukkan cairan SOC, dan diamkan selama 20-30 menit. Sisihkan.
  • Jemur gedebok pisang yang sudah dicacah kecil-kecil untuk mengurangi kadar air di dalamnya.
  • Campurkan gedebok pisang, dedak, dan ampas tahu, lalu aduk rata. 
  • Masukkan larutan gula pasir dan SOC, aduk rata hingga membentuk adonan.
  • Masukkan adonan pakan ke dalam drum fermentasi, lalu tutup rapat dan kedap udara selama 24 jam. Pakan ayam pun sudah siap untuk diberikan ke ayam peliharaan Anda.


Demikian beberapa cara membuat pakan ayam secara alami yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Dengan mengolah sendiri pakan ayam seperti di atas, niscaya akan membantu Anda dalam meningkatkan nafsu makan ayam, meningkatkan daya tahan ayam terhadap penyakit, menambah bobot ayam, meningkatkan produktivitas ayam  dalam bertelur, dan manfaat lainnya. Dengan mendapatkan berbagai manfaat tersebut, tentu akan memperbesar peluang kesuksesan budi daya ayam yang Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Baca juga :