Cara Ternak Lele untuk Pemula

Cara Ternak Lele – Akhir-akhir ini banyak sekali peminat untuk beternak ikan lele. Mengingat, usaha beternak ikan lele ini sangat menguntungkan sekali dengan peminat yang sangat besar. Dalam menjalankan usaha ternak ikan lele ini sangat mudah sekali untuk di jalankan, dari mulai pembibitan sampi pembesaran terbilang sangat mudah di lakukan. Tak hanya itu, dengan modal yang tidak terlalu besar menjadikan banyak peminat untuk menjalankan usaha ternak ikan lele ini. 

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut saya paparkan dalam artikel di bawah ini untuk anda yang ingin menjalankan binsnis ternak ikan lele.



Cara Beternak Ikan Lele bagi Pemula 

Dalam menjalankan usaha ternak ikan lele ini, sebelumnya perlu anda ketahui terlebih dahulu dengan pengetahuan seperti pembinihan atau pembibitan serta modal yang cukup. Seperti yang telah saya rangkum di bawah ini beberapa keunggulan dari ternak lele sebagai motivasi untuk anda yang akan menjalankannya antara lain sebagai berikut :
  • Sangat mudah untuk di lakukan atau di jalankan dengan sendiri 
  • Modal yang tidak terlalu banyak 
  • Bagi yang ingin memanfaatkan terpal sebagai kolam ikan lele bisa di lakukan dengan lebih mudah dan peraktis
  • Volume air yang bisa di kontrol dengan mudah dalam kolam terpal buatan 
  • Jauh dari media yang berbahaya yang bisa terkontiminasi dari air tanah Dalam poin di atas tadi merupakan beberapa keunggulan dari ternak ikan lele. 
Selanjutnya, beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membudidayakan atau beternak ikan lele sebagai berikut : 

1. Lankah Ke-1 

Langkah pertama yang harus anda perhatikan yaitu menghitung bibit yang akan kita tanam di dalam kolam terpal yang telah di sediakan. Dalam hal ini perlu anda sesuaikan dengan modal yang tersedia, dengan demikian anda bisa memperkirakan luas kolam dengan bibit yang akan di siapkan. Dalam mempersiapkan bibit untuk memulai ternak ikan lele ini,carilah bibit unggulan yang bisa anda dapatkan dari pengelola yang sudah lama berkecimpung dalam dunia ternak ikan lele. Tentunya sangat di butuhkan juga pembingbing untuk berbagi pengalaman pada kita agar menjalankan bisnis ternak ikan lele ini berjalan dengan baik dan mudah. 

2. Langkah Ke-2 

Langkah kedua untuk memulai membudidayakan ternak ikan lele yaitu dengan mempersiapkan kolam terpal. Untuk pembuatannya sendiri bisa di ukur dari jumlah bibit yang telah di siapkan seperti dari 100 bibit ekor lele bisa masuk dalam ukuran 1x3x5 meter persegi dalam luas lahannya kolam terpal. Sedangkan tinggi kolam ini, anda bisa mengaturnya kira-kira 1 meter dan panjang bisa di sesuaikan dengan banyaknya bibit ikan lele tersebut. 

3. Langkah Ke-3 

Setelah kolam terpal telah kita siapkan dengan ukuran yang sesuai dengan bibit yang ada. Selanjutnya yaitu, masukan air yang mengandung plankton atau kompos sapi yang di campur dengan air dan biarkan selama tiga hari sebelum bibit di masukan dalam kolam. Setelah tiga hari, masukan bibit ikan lele tersebut ke dalam kolam yan telah di siapkan. Untuk selanjutnya, beri pakan secara rutin pagi sekitar jam 6:00, siang jam 12:00, dan sore harinya sekitar pukul 18:00. 

Nah, itulah beberapa tahap pemula bagi anda yang akan memulai dengan berbisnis ternak ikan lele. Semoga informs ini bermanfaat dan menjadikan referensi bagi anda yang ingin berbisnis ternak ikan lele. Selamat Mencoba…