Cara Ternak Ikan Gurame untuk Pemula

Cara Ternak Ikan Gurame – Ikan gurame merupakan salah satu ikan yang sering di konsumsi setiap harinya. Tidak heran sering sekali kita menemukan ikan gurame ini di restoran-restoran kecil hingga restoran menengah ke atas sebagai santapan hidangan. Adapun kandungan protein serta tektur yang sangat lembut menjadikan sedap untuk di santap dengan nasi.

Baca Juga ;

Bagi anda yang ingin memulai bisnis ternak dengan membudiayakan ikan gurame ini terbilang sangat menjajikan, mengingat kebutuhan pasar sangat meningkat akhir-akhir ini dengan pasokan yang tidak selalu kurang. Nah, dalam artikel kali ini saya akan mengulas tentang cara beternak ikan gurami untuk di pasarkan dengan menghasilakan banyak keuntungan yang sangat signifikan. 





Car Beterbak Ikan Gurame bagi Pemula 

1. Mempersiapkan Kolam atau Konstruksi Kolam 

Kolam merupakan salah satu sarana yang perlu di perhatikan serta di kelola dengan baik. Ada beberapa jenis kolam untuk membudidayakan ikan gurame, salah satunya yaitu kolam terpal, tembok atau semen, tanah, sampai dengan menggunakan keramba jarring apung. 

Kolam Terpal Ikan Ternak
Adapun ukuran luas kolam yang harus di sediakan untuk membudidayakan ikan ternak ini kurang lebih 5 x 10 m. Perlu anda perhatikan juga tentang kolam terak ikan ini yaitu kondisi permukaan tanah kolam sudah retak-retak. Dalam hal ini tentunya mempunyai tujuan yang sangat baik agar kuman atau ikro organism menjadi mati. Setelah pengeringan tanah kolam harus di gemburi agar ammonia hilang. Cara yang bisa anda lakukan untuk pengerungan atau pengapuran ini harus dengan menggunakan kapur dolomite, dengan di tebar secara merata di atas permukaan tanah kolam. Untuk dosis yang bisa anda lakukan, bisa anda sesuaikan dengan keasaman tanah. 

Selain itu, pupuk yang bisa anda gunakan yaitu pupuk organic yang di campurkan dengan TSP dan urea. Manfaat dan tujuan pemupukan ini tidak lain untuk menutrisi bagi organism seperti air kutu dan plankton. Juga tumbuh-tumbuhan serta hewan yang bermanfaat sebagai makanan ikan gurame. 

2. Pengisian Air 

Setelah pengkapuran selesai, barulah kita mengisi kolam dengan air secara bertahap sampai penuh. Biarkan kolam selama satu minggu sampai air kolam berubah warna menjadi hijau dengan tumbuhan atau lumut muncul terlihat. Setelah itu, barulah benih ikan gurame di tebar. 

Bagi yang tidak mempunyai lahan yang cukup luas, anda bisa menggunakan kolam terpal dengan membuatnya sepersegi panjang mungkin. Namun dalam kolam terpal ini anda harus merawat atau memperharikannya dengan baik serta rutin dengan memperhatikan volume air yang sangat cukup. Gantilan air dalam terpal secara rutin 1 kali dalam satu minggu agar sirkulasi air tetap terjaga dengan baik. 

3. Menebar Bibit Ikan Gurame 

Langkah berikutnya yaitu penebaran benih. Namun sebelum bibit ikan di masukan dalam kolam, telebih dahulu masukan bibit ikan ini dalam ember yang berisikan air dari kolam tersebut selama kurang lebih 20 menit. Ini bertujuan agar ikan tersebut menyesuaikan diri sebelum di tebarkan kedalam kolam ternak. Bibit ikan yang bisa anda tebarkan yaitu berukuran sekitar 5 sampai 7 cm. 

4. Memberi Pakan 

Pakan Sayuran untuk Ikan Gurame

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan pemakan herbivore (tumbuhan). Namun saat berusia dewasa ikan gurame ini akan berubah sifat menjadi karnivora. Untuk itu, jenis makanan atau pakan yang bisa anda berikan untuk jenis ikan gurame kecil yaitu dengan cacing sutra. 

Adapun jenis makanan pokok untuk ikan gurame ini yaitu dalam bentuk pellet yang banyak mengandung gizi. Adapun dedauan merupakan salah satu makanan alternative untuk ikan gurme. Berikanlah pakan ini secara teratur dua kali dalam satu hari saat pagi dan sore. Selain itu, ada beberapa jenis dedaunan atau sayur sebagai suplemen yang bisa anda berikan untuk makanan ikan ini antara lain sebagai berikut ;
• Daun Pepaya 
• Daun Ubi Jalar 
• Daun Kangkung 
• Daun Singkong 
• Daun Talas 
• Toge 
• Dan pakan buatan yang di rebus seperti dedak, kacang merah, toge, dan kacang hijau serta bibit padi muda labu. 

Dengan memberikan makanan suplemen untuk ikan ini menjadikan pertumbuhan ikan akan lebih cepat. Namun hidari juga dengan memeberikan pakan terlalu banyak karna akan memicu datang penyakit ikan gurame. 

5. Perawatan 

Cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan perawatan untuk ikan ini yaitu dengan memperhatikan volume air, Ph, dan suhu air. Perlu anda perhatikan juga, saat malam hari hindari sinar atau cahaya karna akan menimbulkan setres bagi ikan tersebut. 

6. Panen 

Untuk panen sendiri, anda bisa melakukannya dengan menyesuaikan kebutuhan pasar dengan ukuran yang di butuhkan. 

Nah, itulah beberapa gambaran cara beternak ikan gurame untuk bagi pemula. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi anda yang ingin memulai bisnis ternak ikan gurame. Selamat Mencoba…