Cara Merawat Ikan Mas Koki agar Tumbuh Besar dan Tidak Mudah Mati

Cara Merawat Ikan Mas Koki – Dalam artikel sebelumnya telah kita ketahui tentang cara budidaya ikan mas koki. Kali ini, akan saya coba lagi berbagi sedikit pengetahuan tentang cara merawat ikan mas koki agar bertahan hidup lebih lama dan tumbuh dengan pertumbuhannya. 

Ikan koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak di mininati para pecinta ikan hias. Ikan yang berasal darai daratan cina ini memiliki bentuk tubuh dan sisik yang sangat unik. Tubuh ikan koki ini membentuk seperti bola dengan sisik yang unik seperti mutiara.



Para pecinta ikan hias ini sangat di mudahkan dalam perawatan ikan mas koki ini, tidak merepotkan dan tentunya sangat puas dalam menikmati keindahan ikan mas koki ini. Sayangnya, ikan mas koki ini sangat rentan dalam perkembangannya mudah mati karena beberapa hal. Nah, bagi kamu pemula yang ingin membudidayakan ikan mas koki koki ini, ada beberapa tips cara untuk merawat ikan mas koki ini dengan baik dan tidak mudah mati. Berikut artikelnya telah saya rangkum dalam poin-poin di bawah ini sebagai berikut. 

Cara Merawat Ikan Mas Koki agar Tumbuh Besar dan Tidak Mudah Mati 

1. Tempatkan pada Wadah yang Tepat dan Baik



Para pecinta ikan mas sebagain besar akan menempatkan peliharaan ikannya ini pada sebuah gelas kaca supaya menibulkan kesan yang artistik dan cantik, padahal gelas ini bukan pilihan waah yang tepat dan baik untuk merawat ikan mas koki. Gelas kaca yang sering banyak di gunakan para pecinta ikan hias ini biasanya ukuran dengan volume air yang kecil, meskipun terlihat kesan yang artistik namun untuk satu ikan mas koki saja tidak baik untuk di gunakan pada gelas kaca. Karena ikan mas koki ini mebutuhkan cukup oksigen, dan akuarium merupakan pilihan yang tepat dan baik untuk memelihara ikan mas koki. Dengan perukaan yang cukup besar leba menjadikan ikan mas koki dapat leluasa mendapatkannn udara pada permukaan air. 

2. Pasang Aerator 



Setelah pemilihan wadah yang tepat dan baik pada akuarium, langkah selanjutnya bisa kamu pasang Aerator untuk merawat ikan mas koki peliharaanmu. Karena Aerator ini memiliki fungsi utama untuk mengalirkan udara ke dalam air dalam akuarium, sehingga jumlah oksigen pada akuarium ini menjadi lebih meningkat dan baik. Fungsi Aerator ini juga yaitu untuk membuat air mengalir buatan, sehingga ikan mas koki ini terasa pada habitat aslinya. 

3. Menambahkan Filter Air pada Akuarium 

Dalam perawatan ikan mas koki ini membutuhkan air yang bersih, sehingga menjadikan ikan mas koki ini tubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Karena fungsi filter air ini untuk menyaring kotoran atau sisa makanan ikan yang dapat berubah menjadi racun atau penyakit untuk ikan. 

4. Berikan Pakan 

Ikan mas koki merupakan jenis ikan yang doyan makan, namun meski demikian kita tidak boleh memberikan pakan untuk koki ini secara berlebihan untuk menghindari kegemukan. Cukup dengan memberikan pakan untuk koki ini sekali dalam satu hari secukupnya, karena jika kita memberikan pakan secara berlebihan akan menibulkan banyak penyakit dari kotoran ikan yang di keluarkan dan air dalam akuarium ini menjadi keruh. Ada beberapa pakan yang bisa anda berikan untuk ikan mas koki ini seperti cacing sutra, cacing darah, kutu air, dan pelet. Perlu anda perhatikan juga untuk menghindari memberikan pakan saat malam hari. 

5. Berikan Lampu Pijar yang Redup 

Lampu ini bertujuan untuk memperindah agar terlihat lebih cantik saat mala hari. Hindari penggunaan lamu yang berwarna putih dan terang agar tidak memberikan panas yang berlebihan. 

6. Berikan Kerikil pada Akuarium 

Menambahkan kerikil ini jauh lebih baik dari terumpu karang, karena kerikil ini tidak dapat mempengaruhi keasaman air, sedangkan terumbu karang dapat membuat air menjadi asam, karena jika air dalam akuarium terlalu asam akan mengganggu pertumbuhan ikan mas koki. 

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Cupang
Demikian artikel kali ini tentang cara merawat ikan mas koki agar tubuh besar dan tidak mudah mati. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan untuk anda. Terimakasih...