Cara Beternak Burung Anis Merah yang Benar

Cara Beternak Burung Anis memang perlu dipelajari oleh Anda yang ingin memelihara jenis burung satu ini. Ternak burung anis dianggap menyenangkan, terutama bagi Anda yang memang hobi memelihara burung ini. Cara ternak burung Anis  sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara ternak jenis burung-burung berkicau lainnya seperti Lovebird, Murai Batu, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu berikut kami bagikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan jika Anda ingin memulai ternah burung anis terutama anis merah.
cara ternak burung anis merah

Baca juga :


Tips dan Cara Beternak Burung Anis Merah

Ada beberapa langkah dan juga Cara Beternak Burung Anis merah yang harus Anda lakuka. Berikut ini simak cara yang perlu Anda lakukan:
1. Sediakan Sangkar atau Kandang
Sebelum Anda berangkat membeli burung, maka yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu adalah 2 buah sangkar/kandang. Kandang untuk burung jenis ini bisa Anda buat sendiri atau membeli kandang yang sudah jadi di toko burung.
Kandang yang berbahan bambu atau kayu adalah jenis kandang yang dianjurkan. Untuk ukuran kandang, Anda dapat menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki. Tapi perlu diperhatikan bahwa sangkar yang besar akan membuat burung lebih leluasa dan bebas untuk berekspresi dan tentu akan lebih nyaman. Selanjutnya pastikan untuk membeli sangkar yang mudah untuk dibersihkan dan tidak berbahaya atau yang melukai burung tersebut.
2. Membeli Bibit Burung
Cara Beternak Burung Anis merah selanjutnya adalah membeli bibit burung. Dalam hal ini Anda tidak boleh sembarangan. Anda dapat memilih burung Anis Merah jantan dan juga betina yang sebaiknya yang sudah siap untuk dikawinkan. Pilih burung yang berusia diatas 8 bulan atau bisa juga yang diatas 1 tahun. Didalam memilih bibit, Anda juga harus memperhatikan suara dari pejantan maupun juga yang betina. Selain itu burung juga harus bebas dari cacat dalam bentuk apapun.
3. Proses Penjodohan
Cara selanjutnya adalah tempatkan burung pada masing-masing sangkar yang sudah disiapkan. Setelah itu, dekatkan kedua sangkar tersebut supaya burung dapat saling mengenal lebih dekat. Apabila burung tampak tidak berjodoh atau tidak akrab atau terlihat bertengkar, sebaiknya segera ganti salah satu burung tersebut.
Setelah burung terlihat akrab dan dapat disatukan, selanjutnya Anda dapat menyediakan sebuah kandang khusus berternak yang lebih besar dan juga cocok untuk 2 burung. Jangan lupa untuk menyediakan wadah air yang dapat digunakan oleh burung untuk mandi didalam kandang.

Cara Beternak Burung Anis Merah untuk Pakan 

Cara Beternak Burung Anis merah berikutnya adalah memperhatikan makanan untuk burung tersebut. Makanan utama  dari burung ini dapat berupa Voer. Disamping itu, Anda harus menambah beberapa makanan ekstra untuk meningkatkan stamina dan juga birahi burung. Misalnya, Anda dapat menambahkan jangkrik, kroto, cacing, serta beberapa buah-buahan seperti apel, pisang dan pepaya. 
Selanjutnya, umtuk meningkatkan birahi supaya burung mau kawin, sebaiknya perbanyakan jumlah pemberian jangkrik untuk makanannya. Jangan lupa untuk menambahkan suplemen serta multivitamin supaya kebutuhan nutrisi burung dapat terpenuhi. Dengan demikian burung tetap fit serta bisa tampil prima. OrBird merupakan salah satu pilihan vitamin yang tepat untuk burung kicau kesayangan Anda tersebut.

Cara Beternak Burung Anis Merah untuk Perawatan

cara ternak burung anis merah
Cara Beternak Burung Anis merah berikutnya adalah tentang perawatan. Jenis burung ini suka dengan suasana dingin. Burung ini tidak menyukai sinar matahari yang terlalu terik. Oleh karena itu, burung ini harus dimandikan setidaknya 2 kali sehari. Berikut beberapa perawatan burung anis yang dapat Anda lakukan:
1. Di pagi hari angin-anginkan burung tersebut dengan cara menggantung di luar rumah. Proses mengangin-anginkan ini bisa Anda lakukan sebelum proses memandikan supaya si burung bisa beradaptasi terlebih dahulu.
2. Sebelum Anda memandikannya, Anda dapat membersihkan kandang terlebih dahulu supaya bersih dari sisa-sisa kotoran ataupun sisa-sisa makanan.
3. Proses selanjutnya, mandikan burung anis merah. Proses memandikan ini dapat dilakukan dengan cara disemprot atau dengan menggunakan sistem keramba. Kedua cara tersebut dapat dilakukan bergantian atau pilih salah satu cara yang sesuai karakter burungnya.
4. Cara Beternak Burung Anis merah selanjutnya adalah jemurlah burung supaya bulu yang basah bisa cepat kering. Proses penjemuran dapat Anda lakukan dalam waktu 2 jam. Atau bisa Anda sesuaikan dengan panas sinar matahari saat itu. Lebih baik jangan dekatkan anis merah dengan jenis burung lain, letakkan ditempat yang jauh dengan burung lain.
5. Beri makan burung anis merah dengan voer serta jangan lupa beri juga minum. Makanan serta minuman harus sering diganti. Jangan sampai tempat minuman burung kemasukan makanan atau bahkan kotoran dari burung itu sendiri. Hal tersebut bisa menimbulkan penyakit untuk si burung.
6. Disamping memberi makanan utama yakni voer, berikan juga makanan tambahan seperti jangkrik. Ketika Anda memberikan tambahan makan seperti jangkrik, sebaiknya letakkan jangkrik di tempat yang terpisah dari makanan.
7. Langkah selanjutnya adalah sgangin-anginkan kembali burung tersebut di luar rumah. Proses tersebut jangan terlalu lama cukup 20 menit saja.
8. Setelah itu Anda dapat memasukkan kandang ke dalam rumah sambil dikerodongkan. Proses pengkerodongan ini pada umumnya dilakukan dengan proses pemasteran. Tapi jika tidak ingin memaster, maka proses ini bisa Anda lewati.
9. Proses pemasteran pada umumnya dilakukan pukul 10 pagi sampai pukul 3 sore. Ingat apabila Anda ingin memaster anis merah maka harus dikerodong.
Dalam menerapkan Cara Beternak Burung Anis sekaligus perawatannya diatas tentu diperlukan keuletan, kesabaran dan juga kemauan yang kuat. Dengan begitu hasil yang akan Anda peroleh nantinya juga akan memuaskan.