Ukuran Kandang Ternak Anis Merah yang Tepat

Ukuran Kandang Ternak Anis Merah memang akan memberikan pengaruh untuk perkembangan burung anis nantinya. Untuk Anda para penggemar burung terutama nya burung anis merah, berikut ini kami akan berbagi info tentang ukuran kandang ternak anis merah yang benar. 

Saat ini tidak sedikit yang mengalami kegagalan untuk beternak anis merah. Hal ini salah satunya disebabkan karena minim nya pengalaman maupun pengetahuan tentang cara beternak anis merah. Kegagalan tersebut banya di alami oleh para pemula. Namun jangan khawatir disini kami akan membagikan tipa untuk Anda supaya berhasil dan sukses dalam menernakan burung anis merah.

Beternak anis merah bisa menjadi peluang usaha yang terbilang lumayan. Hal ini disebabkan sampai saat ini peminat burung anis merah semakin bertambah banyak. Karena hal tersebutlah saat ini banyak orang yang mulai membuka usaha beternak anis merah. Untuk Anda para pemula yang ingin mengikuti orang-orang yang sukses dalam beternak anis merah, berikut salah satu halyang perlu Anda perhatikan yakni mengenai Ukuran Kandang Ternak Anis Merah.

Ukuran Kandang Ternak Anis Merah yang Tepat

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan kandang penagkaran burung anis merah. Hal – hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah penyiapan sarana kandang, misalnya sarang, tempat untuk pakan dan minum, dan juga tenggeran.
Untuk Ukuran Kandang Ternak Anis Merah adalah sebagai berikut: lebar 45 cm, panjang 250 cm, sedangkan tinggi 160 cm. Desain untuk kandangnya sebaiknya 40 % tertutup dan dapat melindungi sarang, wagah untuk pakan, dan wadah minum. Disamping itu, pada umumnya kandang terbuat dari kawat yang mempunyai ukuran 1 mm2.

Untuk bagian lantai kandang sebaiknya dibuat supaya selalu dalam keadaan basah atau becek. Bahan yang dapat Anda gunakan untuk penyusung lantai kandang diantaranya adalah kotoran kambong, pasir serta sedikit sekam. Penggunaan kotoran kambing ini bertujuan untuk tempat berkembang biaknya cacing. Sebab bahan tersebut merupakan media lingkungan yang sangat mudah di hidupi oleh cacing. 
Disamping itu,  kotoran kambing tidak mudah memadat sehingga akan sangat memudahkan burung dalam mengorek dan hyga mengais cacing yang terletak di lantai kandang, terutama saat lantai kandang mengering. 

Sedangkan cara yang dilakukan untuk mencukupi persediaan cacing adalah dengan rutin menamahkan cacing ke lantai kandang. Selain itu sebaiknya disediakan kolam kecil serta tumbuh-tumbuhan atau dahan kering di dalam kandang. Anda bisa menggunakan beringin, bogenvil, asam ataupun jambu air. Dahan tersebut dapat digunakan untuk tempat hinggap burung anis, berjemur dan juga untuk menempatkan sarang.

Ukuran Kandang Ternak Anis Merah Jenis Sarang Gantung

Penggunaan dari sangkar gantung sebagai tempat penangkaran anis merah jelas akan menghemat ruangan. Ditambah lagi Anda dapat meletakkan sangkar tersebut di dalam rumah, misalnya di ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan ruang lainnya. Sangkar gantung ini juga mudah untuk dipindah-pindah sesuai dengan keperluan Anda, misalnya untuk dijemur ataupun untuk dimandikan.
Ukuran Kandang Ternak Anis Merah

Yang paling penting dalam peletakan sangkar ini adalah sangkar bisa aman dari gangguan binatang predator seperti halnya tikus, kucing, ataupun binatang pengganggu lainnya. Sedangkan Ukuran Kandang Ternak Anis Merah jenis sarang gantung ini memiliki ukuran yang relatif. Anda dapat menggunakan ukuran kandang 50 cm x 60 cm x 50 cm, atau yang lebih besar lagi juga diperbolehkan. Sangkar yang Anda pilih bisa model sangkar bambu biasa, atau juga sangkar harian model kotak.
Untuk sarang burungnya bisa ditempelkan di salah satu sudut sangkar, yakni dengan posisi sedikit di atas serta dekat dengan tangkringan. Seperti yang kita ketahui nantinya sarang gantung akan sering dipindah-pindah, yakni saat dimandikan, dijemur, ataupun ketika Anda ingin memantau anakannya. Oleh sebab itu, perlu diingat bahwa indukan yang dimasukkan ke sangkar model ini harus sudah benar-benar berjodoh, serta telah sama-sama jinak.

Sedangkan untuk penempatan sangkar gantung ini harus dijauhkan dari burung sejenis. Tindakan tersebut bertujuan agar pasangan induk yang sedang dijodohkan tersebut atau saat sedang bertelur dan mengerami tidak terganggu burung sejenis yang ada di sebelahnya.
Apabila terpaksa sebab ruangan yang terbatas, Anda bisa meletakkannya dalam ruangan yang sama. Namun bagian samping kiri dan juga kanannya harus diberi penyekat. Dengan begitu pasangan induk yang satu tidak akan bisa melihat pasangan induk yang lain di sampingnya.
Terdapat banyak keuntungan yang diperoleh saat Anda menggunakan sangkar gantung. Disamping praktis dan ekonomis, juga dapat menghemat lahan. Sangkar tersebut juga bisa dipindah-pindah dengan mudah seesuai keinginan pemilik.

Keuntungan lain yang bisa diperoleh adalah pemilik bisa memonitor anakan ataupun piyikan dengan cara melihatnya langsung dari dekat. Dengan demikian kondisi dari anakan akan lebih mudah terpantau. Dalam hal ini kuncinya adalah induk jantan dan induk betina harus memiliki karakter jinak serta mudah beradaptasi dengan manusia serta lingkungan sekitar.
Sedangkan untuk menu pakan dan extra fooding (EF) tidak berbeda dengan penangkaran dengan model kandang yang permanen. Dalam hal ini yang terpenting adalah kebutuhan cacing selalu terpenuhi. Karena kunci kesuksesan dari penangkaran anis diantara nya adalah ketesediaan cacing.

Baca juga :

Disamping memperhatikan Ukuran Kandang Ternak Anis Merah, persiapan indukan juga menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan untuk memulai usaha penangkaran anis merah. Karena pemilihan indukan menjadi penentu berhasil atau tidaknya dalam sebuah usaha penangkaran. Supaya lebih mudanya, sebaiknya burung jantan yang akan ditangkarkan telah gacor (pada umumnya berusia 1 tahun atau lebih).