Cara Fermentasi Dedak dengan EM4 untuk Pakan Ayam

 

Cara fermentasi dedak dengan EM4 untuk pakan ayam ini wajib Anda ketahui lantaran kualitas dedak pada pakan ayam ternak Anda akan lebih baik. EM4 adalah singkatan dari Effective Microorganisme 4, yang berupa cairan dengan warna cokelat kekuningan dan terbentuk melalui campuran mikroorganisme hidup atau bahan bahan organik.

Lalu, bagaimana cara fermentasi dedak dengan EM4 pakan ayam agar kualitasnya baik?

Upaya peningkatan pertumbuhan secara optimal dengan potensi genetik budidaya ayam memerlukan dedak berkualitas yang mengandung unsur gizi seimbang. Kecepatan pertumbuhan ayam pun berkaitan dengan konsumsi dedak yang bagus.

Mengapa Harus Difermentasi dengan EM4?

Bioteknologi fermentasi menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas dengan serat tinggi dan protein yang bersumber dari multiplikasi biomassa sel mikroorganisme. Nah, salah satu bioteknologi fermentasi yang dapat membantu adalah EM4 ini.

Perlu diketahui, fermentasi EM4 ini bermanfaat dalam proses penguraian yang menguntungkan bagi peternak. Hewan ternak, khususnya ayam, menyukai aroma cairan EM4 yang nantinya akan membuat nafsu makan dan minum mereka meningkat. Dengan demikian, ternak ayam Anda akan tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat.

Keuntungan lain yang ditawarkan dengan penggunaan EM4 ini adalah keamanan tanpa bahan kimia yang dapat membantu meningkatkan kesehatan ayam, terutama pada saluran pencernaan. Dengan begini, bau kotoran hewan ternak—khususnya ayam—yang menyengat dan umumnya mengganggu kesehatan manusia dapat teratasi dengan lebih baik.

Fungsi EM4

Berikut ini Anda dapat melihat fungsi dari EM4 yang dapat meningkatkan kesehatan ayam ternak Anda:

  • Membentuk kualitas tinggi pada daging ayam kampung
  • Kesehatan hewan ternak dapat diperbaiki, bahkan ditingkatkan lebih baik lagi
  • Mencegah stres yang terjadi ternak ayam
  • Tingkat kematian ayam kampung berkurang
  • Sebagai penyeimbang mikroorganisme untuk saluran pencernaan ayam

Penasaran bagaimana cara fermentasi dedak dengan EM4 untuk pakan ayam? Mari kita lihat bahan apa saja yang diperlukan, dan langkah demi langkah dalam pembuatannya.

Cara Fermentasi Dedak dengan EM4 untuk Pakan Ayam

Sebelum memasuki ke langkah-langkah pembuatan, Anda harus menyiapkan alat dan beberapa bahan terlebih dahulu.

Alat:

  • Ember; wadah untuk mengaduk larutan
  • Gentong
  • Terpal untuk mencampur dedak

Bahan:

  • 40 kg dedak padi
  • Larutan EM4 sebagai mikroorganisme aktivator
  • 250ml tetes tebu atau bisa menggunakan 12 sdm gula pasir
  • 12 liter air

Cara fermentasi dedak:

Siapkan ember berisi air, lalu campurkan dengan larutan cairan EM4 sebanyak 1 hingga 2 cc per 1 - 1,5 liter air.

Campurkan dengan tetes tebu. Namun, jika tidak ada tetes tebu, Anda dapat menggunakan gula pasir. Kemudian, aduk semua bahan sampai merata.

Hamparkan terpal, dan siapkan dedak di atasnya untuk memudahkan campuran. Semprotkan larutan EM4 yang sudah dipersiapkan sambil diaduk sampai merata. Jaga supaya jangan sampai terlalu basah. Atur kadar air dalam dedak sebanyak 20 - 40% saja.

Setelah merata, masukkan dan padatkan dedak ke dalam gentong. Tutup dan diamkan selama 4 hingga 5 hari. Setelah itu, dedak fermentasi siap digunakan untuk pakan ayam ternak Anda.

Pemberian dengan Cara Lain dan Efeknya

Selain dengan cara memberi pakan seperti di atas, Anda juga dapat mencampurkan cairan EM4 untuk air minum ternak ayam. Campurkan 1 - 2 cc cairan EM4 dengan 1 - 1,5 liter air. Pemberian air minum dengan EM4 juga akan menjaga dan meningkatkan kesehatan ternak.

Dengan konsumsi pakan ayam yang telah difermentasi EM4, aroma kotoran ayam akan berkurang. Namun, bau kotoran tersebut tidak dapat menghilang sepenuhnya. Nah, pada limbah ternak ayam, Anda juga dapat memanfaatkan sisa cairan EM4 yang dicampurkan dengan gula dan air menggunakan perbandingan 1 : 1 : 100.

Diamkan selama 2 hari untuk proses fermentasi larutan tersebut. Larutan ini dapat disemprotkan pada kapasitas 1 ton limbah ternak. Setelah itu, limbah fermentasi tadi dapat menjadi bahan organik yang berguna bagi pertanian.

Fermentasi EM4 juga dapat digunakan untuk kebersihan sanitasi kandang ayam lo! Pembuatan larutannya sama seperti saat membuat larutan untuk limbah ternak. Namun, penggunaanya disemprotkan sebanyak 1 - 2 liter per meter persegi.

Namun ingat ya, larutan EM4 ini tidak dapat digunakan jika sudah melebihi 3 bulan pemakaian.

Sebagai peternak, Anda tentunya ingin hewan ternak Anda tumbuh sehat alami. Saat melarutkan cairan EM4, gunakan air dari sumur atau tanah. Anda juga perlu menghindari pemakaian bahan kimia, misalnya larutan urea atau pestisida kimia. Jangan mencampurkan bahan tersebut dengan cairan EM4 untuk fermentasi.

Nah, itu tadi cara fermentasi dedak dengan EM4 untuk pakan ayam. Perhatikan juga beberapa hal penting saat proses pembuatan maupun pemakaian EM4 pada ternak ayam. Semoga berhasil!