Ini Jenis Ikan Lele yang Sering Dibudidayakan

Untuk Anda yang berminat untuk membudidayakan ikan lele, sudah tahukah Anda jenis ikan lele yang tersedia di sekitar? Mengetahui jenis-jenis ikan lele sebelum Anda membudidayakannya ternyata sangat penting. Hal ini bisa membuat Anda untung lebih besar. Mau tahu apa saja jenis ikan lele yang cepat besar? Ini dia ulasannya.
jenis ikan lele

Jenis-Jenis Ikan Lele yang Sering Dibudidayakan

1.     Jenis Ikan Lele Sangkuriang

Jenis lele Sangkuriang ternyata masih dibagi lagi menjadi 2. Yaitu lele Sangkuriang I dan Sangkuriang II.
·         Jenis Lele Sangkuriang I
Jenis lele ini didapat dari persilangan induk jantan F6 dengan induk lele dumbo F2. Persilangan ini sendiri dilakukan oleh BBPBAT atau Balai Besar Pengembangan Budi daya Air Tawar di Sukabumi. Setelah mengawinkan dua jenis lele indukan tersebut, didapatkan jenis baru yang lebih unggul, yaitu lele Sangkuriang.
Jenis ikan lele Sangkuriang lebih unggul dari lele dumbo. Kemampuan lele Sangkuriang dalam menghasilkan telur ternyata lebih baik daripada kemampuan lele dumbo dalam hal serupa. Jika lele dumbo bisa menghasilkan 20.000 hingga 30.000 telur dalam sekali masa bertelur, maka lele persilangan ini bisa menghasilkan 40.000 hinga 60.000 telur.
Hal tersebut pastinya merupakan sebuah keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh peminat budi daya lele. Dengan perbedaan jumlah telur yang dihasilkan, diharapkan masyarakat yang melakukan budi daya lele bisa meraup keuntungan dengan cepat. Banyaknya telur yang dihasilkan oleh indukan lele tentu memengaruhi hasil akhir atau hasil panen para peternak lele.
·         Jenis Ikan Lele Sangkuriang II
Tak puas dengan jenis ikan lele Sangkuriang pertama, pihak BBPBAT kembali melakukan uji coba untuk mendapatkan jenis lele yang lebih berkualitas. Uji coba ini dilakukan dengan mengawinkan ikan lele Afrika turunan yang kedua dengan ikan lele F6. Hasilnya adalah ikan lele Sangkuriang II.
Ikan lele Sangkuriang II merupakan salah satu jenis ikan lele yang cepat besar. Lele Sangkuriang II ini kabarnya bisa tumbuh hingga mencapai berat 7 kilogram. Keuntungan ini tentunya bisa memberi harapan cerah bagi masa depan peternak lele. Dengan jenis lele yang cepat besar, maka peternak lele akan menikmati panen lele lebih cepat.
Jenis lele Sangkuriang I maupun Sangkuriang II bisa menjadi pilihan tepat bagi peternak lele pemula. Hal ini dikarenakan lele Sangkuriang memiliki beragam keunggulan. Keunggulan-keunggulan tersebut sangat berguna bagi peternak lele pemula untuk menuju kesuksesan dengan ternak ikan lele.

2.     Jenis Ikan Lele Mutiara

Ikan lele Mutiara merupakan jenis ikan lele generasi muda. Dikatakan generasi muda karena ikan lele Mutiara ini baru dikembangkan dan disebarkan kepada masyarakat sejak tahun 2014 silam. Meski terbilang sebagai jenis lele generasi baru, tetapi lele Mutiara memiliki beragam keunggulan yang sangat menarik.
Keunggulan Ikan Lele Mutiara
·         Kecepatan pertumbuhan lele Mutiara termasuk lebih tinggi dibandingkan dengan kecepatan pertumbuhan lele jenis lain.
·         Masa pemeliharaan lele Mutiara juga tergolong lebih singkat. Hal ini bisa memengaruhi hasil panen peternak lele.
·         Kemampuan lele Mutiara dalam menghasilkan telur juga lebih tinggi dibandingkan dengan lele jenis lain. Keunggulan ini dinilai sebagai salah satu aspek penting untuk kemajuan dan cerahnya masa depan peternak lele di Indonesia.
·         Daya tahan tubuh lele Mutiara terhadap beragam penyakit dinilai cukup tinggi. Keunggulan ini tentunya akan meningkatkan kemungkinan panen yang melimpah.
·         Lele Mutiara memiliki keseragaman ukuran tubuh yang lebih baik. Dengan begitu, peternak lele tidak usah terlalu ribet ketika masa pembesaran telah tiba.
·         Toleransi terhadap keadaan lingkungan sekitar pada lele Mutiara relatif tinggi. Keuntungan ini bisa meminimalkan kematian benih lele pada saat pembenihan maupun tahap pembesaran.
Ikan lele jenis Mutiara menjadi jenis ikan lele yang ramai dibudidayakan oleh peternak pemula. Beragam keunggulan di atas bisa membantu peternak lele pemula dalam mencapai hasil panen yang melimpah. Hasil panen yang melimpah tentunya merupakan satu jalan untuk menggendutkan rekening tabungan para peternak lele pemula.
Lele Sangkuriang dan lele Mutiara memang menjadi dua jenis lele yang saat ini dibudidayakan. Keberhasilan ternak ikan lele bukan hanya terletak pada pemilihan jenis lele saja. Namun, ada banyak hal yang juga patut untuk Anda perhatikan.

Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Membudidayakan Lele

jenis ikan lele
1.     Pemilihan Bibit Ikan
Sebelum mulai membudidayakan lele, sebaiknya Anda benar-benar memilih bibit lele yang berkualitas. Bibit lele yang berkualitas ditandai dengan adanya kemampuan adaptasi yang baik, perkembangan sehat, dan kemampuan yang baik dalam menghasilkan telur.
2.     Pengaturan Air yang Digunakan untuk Ternak Lele
Salah satu faktor penting lain yang perlu diperhatikan sebelum beternak lele adalah kondisi air. Lele suka dan bisa hidup dengan baik di air yang cenderung keruh. Maka, jangan lakukan pembersihan air yang terlalu sering. Hal tersebut justru bisa mengganggu kesehatan lele.
3.     Pemberian Makanan dan Tambahan Makanan
Lele adalah ikan yang cukup rakus. Maka, jangan berikan makan yang berlebihan. Hal tersebut bisa berujung pada kematian lele. Pemberian pakan cukup dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari. Lele juga perlu diberi makanan tambahan atau vitamin tambahan. Pemberian vitamin bukan dalam rangka menghindarkan lele dari beragam penyakit.
Pemberian vitamin pada lele sebenarnya bertujuan untuk menjaga pertumbuhan lele supaya maksimal. Dengan begitu, tidak akan ada perbedaan ukuran tubuh yang ekstrem pada lele yang diternak.
Itu tadi dua jenis ikan lele yang sering dibudidayakan oleh peternak. Jika Anda ingin beternak lele, maka jenis-jenis di atas bisa Anda kembangkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga :