Cara Membuat Pakan Ikan Lele agar Cepat Besar

Ingin ternak lele Anda cepat besar? Solusinya hanya satu. Anda harus tahu cara membuat pakan ikan lele agar lekas besar yang berkualitas tinggi, karena pertumbuhan lele bergantung pada pakan yang Anda berikan. Faktor utama untuk memastikan ternak lele Anda berhasil adalah pakan.

Sebagai peternak lele, Anda tentunya ingin melihat ikan lele Anda memiliki bobot yang besar dan berisi. Pakan yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat pertumbuhan lele dan membesarkannya adalah dengan pakan ikan alami maupun buatan seperti pelet.

Cara Membuat Pakan Ikan Lele agar Cepat Besar


Permintaan pelet ikan yang semakin banyak saat ini membuat harga pasarannya meningkat. Hal ini tak pelak menjadi kendala untuk peternak ikan lele yang ingin menekan pengeluaran dan mengefektifkan biaya untuk ternak lelenya. Oleh karena itu, solusi terbaik adalah dengan membuat sendiri pelet ikan lele.

Kebutuhan Nutrisi Pakan Lele

Pakan lele sebenarnya dapat Anda buat sendiri dengan mudah tanpa mengurangi kualitas kandungannya. Yang terpenting, pakan lele harus memiliki kandungan nutrisi yang tepat. Kualitas pakan lele diukur berdasarkan kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang cukup untuk kebutuhan ikan.

Untuk membuat pakan lele agar cepat besar, mari kita lihat satu per satu unsurnya.

Protein

Perlu diketahui, lele adalah jenis ikan karnivora yang butuh 35% protein dalam pakannya. Protein bisa didapat dari tumbuhan dan hewan. Namun, untuk protein tumbuhan sendiri cukup sulit dicerna oleh ikan lele karena terhalang selulosa. Karenanya, perlu ditambahkan dengan protein hewani.

Protein bermanfaat untuk metabolisme tubuh lele yang akan membangun jaringan tubuhnya. Selain itu, protein pada pakan lele akan meningkatkan reproduksi, memperbaiki jaringan yang rusak, dan menyusun hormon juga enzim.

Lemak

Fungsi lemak dalam pakan adalah sebagai sumber energi yang akan membantu ikan muncul ke permukaan air. Sekitar 16% lemak dibutuhkan untuk pertumbuhan lele. Anda harus berhati-hati karena lemak yang banyak tidak bagus untuk kesehatan ikan, lantaran akan menyebabkan oksidasi dan bau yang tidak sedap.

Karbohidrat

Ikan lele yang termasuk jenis karnivora memiliki kebutuhan karbohidrat sekitar 20%. Ikan jenis ini membutuhkan karbohidrat yang cukup banyak karena dapat meningkatkan sumber energi.

Vitamin

Vitamin tak kalah penting untuk ikan karena tidak dapat diproduksi sendiri dari tubuhnya, artinya vitamin hanya dapat dipenuhi dari luar tubuh ikan lele. Vitamin akan menjaga daya tahan tubuh ikan. Namun, kebutuhan vitamin bisa jadi berkurang seiring bertumbuhnya ikan.

Mineral

Sedikit mineral untuk konsumsi ikan lele namun manfaat nya cukup penting. Mineral akan membantu proses metabolisme dan membentuk jaringan yang baik dalam tubuh yang akan membantu fungsi pernapasan dan membentuk tulang, gigi, dan sisiknya.

Pakan Lele Alami

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda dapat memberikan pakan alami maupun pakan buatan untuk ternak lele Anda. Pakan alami atau organik maksudnya adalah pakan yang berasal dari alam. Sedangkan, pakan buatan merupakan pakan yang dibuat dengan bahan dan komposisi tertentu.

Pakan organik bisa dijadikan alternatif untuk budidaya lele. Manfaatnya pun tinggi untuk memperbesar tubuh ternak lele Anda. Beberapa pakan lele yang bagus adalah maggot lalat, ikan rucah, bekicot, keong mas, cacing, maupun unggas. Beberapa hewan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang sesuai kebutuhan ikan lele.

Cara Membuat Pakan Ikan Lele Agar Cepat Besar

Selain pakan alami, pakan buatan dapat Anda coba untuk memperbesar dan mempercepat pertumbuhan ternak lele Anda. Salah satu pakan buatan yang layak dicoba adalah dengan melakukan fermentasi, yang dibuat dari bahan organik seperti kotoran ternak, sayuran, dan lainnya yang kemudian difermentasikan sebelum diberikan pada ikan lele.

Fermentasi sendiri berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan ikan lele, memperbesar tubuh ikan lele, menghasilkan daging lele yang rendah kolesterol, dan mengurangi bau pada kolam. Limbah pada air kolam pun bisa dijadikan pupuk. Terlebih, pakan buatan dapat disimpan dengan jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan.

Bagi Anda yang baru memulai bisnis ternak lele, salah satu pakan fermentasi yang cocok adalah dengan ampas tahu. Kenapa? Hal ini disebabkan karena fermentasi ampas tahu ini sangat menguntungkan untuk pertumbuhan ikan lele yang baru berumur 1 - 29 hari.

Nah, berikut ini cara membuat pakan ikan lele agar cepat besar, dan bahan yang diperlukan.

Bahan dan alat

-          Ampas tahu

-          Kotoran ternak (kambing)

-          Limbah sayur

-          Gula Pasir

-          Suplemen probiotik seperti SOC - HCS

-          Terpal

Cara Membuat Pakan Fermentasi Ampas Tahu:

1.       Gunakan terpal sebagai wadah pembuatan

2.       Siapkan 15 liter air, 5 tutup SOC - HCS dan gula pasir 200 gram. Larutkan ketiganya sampai merata.

3.       Taruh kotoran kambing, ampas tahu dan limbah sayuran ke atas terpal yang sudah disiapkan

4.       Campurkan larutan yang telah dibuat pada langkah kedua tadi dengan bahan-bahan di langkah ketiga. Aduk hingga merata.

5.       Tutup rapat terpal hingga kedap udara dan diamlan selama sehari.

Demikian cara membuat pakan ikan lele agar cepat besar yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat, dan ikan lele Anda bisa tumbuh dengan baik ya.