Cara Ternak Bebek Entog Pedaging

Cara Ternak Bebek – Di Indonesia sendiri, budidaya ternak bebek merupakan suatu pekerjaan yang sudah tidak asing lagi di lakukan oleh beberapa sebagian orang di daerah tertentu, khususnya di perdesaan. Karena lahannya yang cukup luas dekat pesawahan dan sungai-sungai, itu menjadikan modal tersendiri bagi pemula yang ingin membudidayakan bebek. Namun, tidaklah cukup hanya mengandalkan lahan saja. Butuh modal kesiapan diri, tenaga extra, juga tidak ada salahnya bagi kita pemula untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang ternak bebek. Yang bertujuan untuk mempermudah tata cara ternak lele dengan baik. Adapun tata cara untuk budidaya bebek yang akan saya bagikan dalam rangkuman artikel ini, yang mungkin bisa anda pelajari sedikitnya untuk di peraktekan langsung.



Baca Juga ;

Cara Ternak Bebek petelur Bagi Pemula 

Dalam berwirausaha tentunya kita harus tahu betul dengan grafis tentang tata cara yang baik dan jeli agar lancar dengan hasil yang menguntungkan.

1. Mempersiapkan Kandang dan Sarana 

Ada beberapa aspek untuk memperhatikan kandang dan sarana untuk ternak bebek diantaranya : 

  • Mengatur suhu kandang dalam penerangan mencapai 40℃ yang mencangkup tiap sudut dalam penerangan yang memadai. 
  • Kandang yang beralasan tumpukan jerami dan lembab 
  • Untuk pembuatan kandang sendiri, bisa kita ketahui dengan berkonsultasi pada yang ahli dengan berpengalaman dalam peternakan bebek. 
  • Tata letak kandang harus dekat dengan pesawahan dan sungai 

2. Mempersiapkan Bibit Bebek Unggul 

Dalam mempersiapkan bibit tentunya harus teliti dan memilih bibit unggulan khusus petelur yang bagus kualitasnya. Tentunya dengan menyesuaikan harganya. Adapun yang harus anda ketahui untuk memilih bibit yang bagus, diantaranya :

  • Dalam memilih induk tentunya harus teliti dengan kualitas yang bagus, atau anda bisa berkonsultasi pada orang yang sudah berpengalaman dalam hal ini
  • Selain membeli induk bebek, dan Untuk dapat meyakinkan bahwa induk yang anda beli bagus, anda bisa melihatnya dari telur tetas yang di hasilkan induk itu dengan membelinya. Dan ini akan berpengaruh pada perkembangan yang akan kita jalani dalam membudidaya bebek petelur. 
  • Selain itu, persiapkan juga untuk pakan induknya seperti starter DOD.

3. Merawat dan Mengawinkan Induk Bebek

Dalam hal perawatan induk bebek tidak begitu sulit, anda bisa memberi makanan seperti starter khusus induk bebek yang akan menghasilkan petelur yang bagus. Dalam satu kandang untuk menampung induk bebek bisa mencapai 50 ekor bebek, tapi tidak lupa juga untuk memperhatikan tempat agar terhindar dari hama atau hewan lainnya yang berbahaya bagi induk bebek. 

Dalam hal perkawinan, saya akan perbandingkan dalam satuan bebek misalnya, satu pejantan bisa di kawinkan dengan enam induk bebek betina atau bisa juga, dari 2 ekor jantan bebek dengan 10 ekor betina bebek atau itik. Untuk mengawinkannya sendiri, tidak begitu harus kita atur, biarkan induk bebek ini dalam satu kandang, dengan sendirinyapun mereka akan kawin sendiri. 

4. Memperhatikan Pakan 

Dalam hal pemeliharan dengan memperhatikan pakan, ini menjadi pekerjaan yang paling utama. Karena, untuk menghasilkan petelur dari induk ini bergantung pada pakan yang kita berikan pada induk bebek, jika bagus dalam memperhatikan pakan, maka hasil yang akan di dapatkn pun akan menyesuaikannya dengan bagus. Adapun beberapa cara dalam merawat indukan dan memperhatikan pakan untuk induk bebek, diantaranya : 
  • Selain memperhatikan pakan, kita perhatikan juga kandang bebek ini dengan berkala, agar terhindar dari bakteri jahat yang akan mempengaruhi pada perkembangannya. Usahakan satu hari sekali tiap menjelang malam utuk membersihkan kandang induk bebek ini. 
  • Jika bebek anda mengalami setres atau kena penyakit, segera anda berkonsultasi pada orang yang sudah ahli dalam penanganan beternak bebek ini. Atau anda bisa memisahkan bebek yang terkena penyakit agar tidak menular pada bebek yang lainnya. 
  • Dalam hal pemberian pakan pada bebek, anda bisa menyesuaikannya dengan usia bebek tersebut. Ada beberapa kategori fase dalam perkembngan bebek yaitu fase starter, grower, dan layar. Nah, dari ketiga fasena ini bisa kita berikan dengan pakan pabrik yang bisa kita dapatkan di toko khusus. Adapun kita sesuaikan dengan berdasarkan usianya, yaitu 0-2 minggu kita berikan pakan dengan menggunakan wadah yang rata, setelah 3 minggu baru bisa kita menaburkan pakannya dan usia berikutnya. Namun, saat usia 2 bulan kita perlu memberinya dengan pakan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang bisa kita dapatkan di toko khusus atau pakan buatan alami, yang bertujuan agar bebek menghasilkan telur yang banyak dan berkualitas. Dan jangan lupa untuk memberikan air di setiap sudut kandang. 

5. Panen 

Setelah induk di perhatikan dalam kandang dan pakannyaselama 2 bulan, baru kita bisa mendapatkan hasilnya. Biasaya bebek atau itik suka bertelur pada malam atau dini hari, dan kita bisa mengambilnya di pagi hari, dan seterusnya bebek akan bertelur lagi. Untuk memanen telur bebek sendiri kita bisa langsung memasarkannya dan jangan di simpan terlalu lama karena akan cepat membusuk. 


Dalam pemasaran kita tidak perlu kawatir karena banyak pengumpul atau penadah khusus menampung telur bebek atau kita bisa langsung menjualnya ke pasar-pasar. Dala satu bulan kita bisa memanen telur bebek dua kali. 

Nah, demikian sedikit informasi yang mengenai cara budidaya bebek untuk tahap pemula. Semoga bermanfaat dan berguna untuk anda. Semoga sukses.