Cara Memelihara Kelinci untuk Pemula

Kelinci adalah salah satu jenis hewan yang sering dibudidayakan. Banyak yang membudidayakannya untuk memperoleh keuntungan dan ada pula yang sekadar untuk mengisi waktu luang. Jenis kelinci yang sering dibudidayakan di rumah adalah kelinci hias. Lalu bagaimana cara memelihara kelinci untuk pemula? Intip caranya di bawah ini.
cara memelihara kelinci


Cara Memelihara Kelinci di Rumah

Memelihara kelinci tak selamanya butuh lahan luas di luar rumah. Jika Anda berminat untuk memelihara kelinci hias, maka Anda bisa memeliharanya di rumah. Lalu, bagaimana cara memelihara kelinci di rumah dengan benar dan sehat? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda mulai memeliharanya di rumah.

1.     Buatkan Tempat Tinggal yang Nyaman untuk Kelinci

Pastikan Anda menyiapkan tempat tinggal yang nyaman untuk kelinci. Tempat tinggal kelinci adalah salah satu aspek penting yang harus Anda perhatikan. Jika tidak ingin ribet, Anda bisa membeli kandang kelinci yang sudah banyak dijual di berbagai pet shop.
Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli kandang kelinci dan ketika akan memakainya.
·         Pastikan bahwa kandang kelinci yang akan Anda beli tersebut memiliki alas khusus, misalnya papan.
·         Pastikan juga bahwa kandang kelinci tersebut memiliki jeruji yang tidak tajam. Jeruji tersebut minimal memiliki sisi yang halus.. Sisi jeruji yang halus akan menghindarkan bulu kelinci dari kerontokan karena gesekan dengan sisi jeruji kandang.
·         Ukuran kandang kelinci harus ideal untuk ukuran tubuhnya. Kandang yang ideal memiliki ukuran minimal 1,2 x 0,6 x 0,6 meter. Ukuran kandang yang cukup besar ini bisa membuat kelinci nyaman karena kelinci bisa meregangkan badannya dengan rileks.
·         Setelah membeli kandang kelinci yang pas, jangan lupa untuk membeli kotak kotoran, mainan kelinci, wadah makanan, dan wadah minuman.
·         Untuk membuat kelinci nyaman di kandangnya, Anda bisa mengisi kandang dengan jerami atau serutan kayu. Serutan kayu atau jerami bisa menjadi alas tidur kelinci kesayangan Anda.
·         Jika kandang dan segala pernak-perniknya telah siap, tempatkan kandang di tempat yang aman. Misalnya di tempat yang jauh dari aliran listrik, perabotan rumah, dan tanaman.
Selain membeli kandang yang sudah jadi, Anda juga bisa membuat rumah kelinci sederhana dari kardus. Namun, rumah kelinci ini tergolong sebagai rumah kelinci nonpermanen karena mudah rusak. Rumah kelinci dari kardus sangat bermanfaat bagi Anda yang telanjur membeli kelinci tetapi belum memiliki kandang untuk kelinci tersebut. Langsung saja, ini dia cara membuat rumah kelinci dari kardus:
·         Siapkan kardus bekas dengan ukuran yang besar.
·         Buat lubang pada salah satu sisi kardus.
·         Silakan mendekor rumah kelinci tersebut sesuka Anda. Namun, sebaiknya letakkan wadah makanan, wadah minuman, dan kotak kotoran di luar kardus. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan rumah kelinci dan kesehatan kelinci.
·         Jika perlu, beri alas berupa jerami, serutan kayu, atau bahan lain yang nyaman dan hangat di permukaan alas rumah kelinci.

2.    Sediakan Makanan, Camilan, dan Minuman yang Cukup

Cara memberi makan kelinci ternyata tidak sembarangan, lo. Siapa bilang kelinci tidak butuh makanan camilan? Selain makanan, Anda juga bisa memberinya camilan sehat, misalnya sayuran. Pastikan bahwa sayuran yang diberikan sudah bebas dari pestisida dengan cara mencucinya hingga bersih. Anda juga bisa memberikan rumput jerami untuk kelinci tersebut.
Jangan berikan makanan yang tidak sehat pada kelinci. Makanan yang kurang baik untuk kelinci adalah kubis, kentang, tomat, dan daging. Untuk kebutuhan minum kelinci Anda, sebaiknya Anda memberinya minum di botol khusus air minum kelinci atau di mangkuk. Namun, pastikan Anda mengganti air minumnya setiap hari dan membersihkan tempat minum kelinci tersebut secara rutin.

3.    Berikan Ruang dan Waktu bagi Kelinci untuk Bermain dan Berolahraga

Tak hanya manusia saja yang butuh berolahraga dan bermain. Ternyata kelinci peliharaan Anda juga membutuhkannya, lo. Untuk menghindarkan kelinci dari stres, ternyata tak harus lantas membelikan mainan untuk kelinci. Cara termudah agar kelinci bisa bermain dan berolahraga adalah dengan membiarkannya keluar dari kandang selama beberapa waktu. Namun, cara ini cukup berisiko karena kelinci Anda bisa saja dimangsa predator atau hilang.
Jika Anda terlalu sayang untuk membiarkannya berkeliaran di luar kandang, maka sediakan mainan sederhana untuk kelinci. Mainan ini tidak harus Anda beli dengan harga mahal. Anda bisa membuat mainan sendiri untuk kelinci Anda, misalnya mainan dari kardus bekas.

 cara memelihara kelinci

4.    Jangan Lupa Perhatikan Kesehatannya

Jika ingin memelihara kelinci di rumah, maka pastikan kesehatannya terjamin. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kelinci Anda tetap sehat. Diantaranya yaitu:
·         Pembersihan kandang secara rutin, minimal seminggu sekali.
·         Penjagaan terhadap suhu ideal bagi kelinci
 Idealnya, kelinci akan nyaman jika berada di suhu sekitar 15 hingga 21 derajar Celsius.
·         Pemeriksaan rutin ke dokter hewan.
Pemeriksaan ini bisa Anda lakukan sekali dalam setahun. Namun, hubungi dokter hewan terdekat atau bawa kelinci Anda ke dokter hewan jika kelinci tersebut menunjukkan gejala-gejala yang tidak biasa.
·         Pembersihan bulu kelinci.
Tidak disarankan untuk memandikan kelinci supaya bulunya bisa bersih. Sebaiknya, sikat bulu kelinci Anda dengan sikat khusus untuk bulu hewan. Sikat tiap dua hari sekali.
Itu tadi ulasan mengenai cara memelihara kelinci hias di rumah dan beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Baca juga :