Bingung Apa Pakan Ayam Umur 2 Bulan agar Cepat Besar? Simak di Sini!

 

Seperti halnya budidaya ternak yang lain, dalam memelihara ayam, pakan ayam adalah faktor yang harus benar-benar diperhatikan. Bahkan kita sudah harus memikirkan pakan ayam umur 2 bulan agar cepat besar, kuat, dan sehat. Tentu saja, semua akan tergantung pada jenis, waktu, maupun cara memberikan pakan itu sendiri.



Kebutuhan ayam pada dasarnya memang berbeda untuk setiap tahap pertumbuhannya. Karenanya, jenis pakan pun akan berbeda. Mau tahu apa dan bagaimana membuat serta memberikan pakan ayam umur 2 bulan agar cepat besar? Ikuti terus artikel ini ya.

Merawat Ayam Sebelum Umur 2 Bulan

Untuk mendapatkan kualitas ayam yang baik, maka cara merawat ayam yang baik seharusnya sesegera mungkin Anda pelajari. Salah satu cara merawat ayam yang baik adalah dengan memberikan pakan yang sesuai dengan usia ayam.

Sebelum berusia 2 bulan, ayam akan butuh makanan yang dapat ditelan dengan mudah. Apalagi ketika umurnya masih terhitung hari. Anda harus memastikan tekstur makanannya sangat kecil, misalnya seperti br 511. Selain itu, pemberian vitamin juga harus diperhatikan benar-benar, yang biasanya dicampur bersama air minumnya.

Saat sudah berusia 2 minggu, anak ayam sudah dapat mematuk dengan benar, dan juga sudah mulai aktif mencari makanan sendiri, karena anak ayam juga sudah bisa memakan pakan dengan tekstur yang lebih besar. Zat gizi juga harus diperhatikan, terutama soal lemak yang harus dikurangi. Perhatikan kebersihan air minumnya, dan masih juga dapat Anda berikan vitamin untuk menunjang pertumbuhannya agar lebih optimal. Komposisi terbaik pakan ayam usia ini adalah 60% protein, 30% serat, dan 10% lemak.

Ayam yang sudah usianya dalam hitungan minggu sebaiknya sudah mulai dilepas ke tempat yang lebih luas. Namun, harus tetap diawasi karena di usia ini, ayam masih rentan terhadap penyakit.

Pakan Ayam Umur 2 Bulan Agar Cepat Besar

Sebelum membahas mengenai pakan ayam umur 2 bulan agar cepat besar, ada baiknya Anda perhatikan dulu kandangnya, karena ini akan berhubungan dengan kenyamanan ayam sehingga bisa makan banyak atau tidak.

Pastikan kandang ayam yang digunakan cukup kering, dan cukup sinar matahari. Pastikan pula suhunya tidak terlalu dingin di malam hari, agar tidak kedinginan. Anda bisa membuatkannya tempat khusus untuk tidur dengan kardus bekas. Perawatan kandang ini harus dilakukan hingga anak ayam berusia 3 bulan, atau ketika sudah kuat menahan hawa dingin sendiri.

Untuk pakan ayam umur 2 bulan agar cepat besar yang paling tepat adalah makanan dengan kode 511 dan 594, yang dicampur dengan perbandingan 50-50. Selanjutnya, tambahkan beras merah dan jagung giling untuk pakan ayam umur 2 bulan. Untuk yang berumur kurang dari 2 bulan, tidak perlu ditambah lagi.

Untuk meningkatkan pertumbuhan anak ayam lebih optimal, Anda dapat menambahkan racikan kyojin atau pakan ayam raksasa di usia dua hingga 4 bulan. Pakan ini terdiri atas campuran serbuk enzim dan bahan tinggi protein, lemak, dan kalsium. Pakan ayam ini sering digunakan oleh para peternak ayam di Tiongkok, dan bisa Anda dapatkan di toko-toko yang khusus menjual pakan ternak. Peracikannya sendiri adalah sebanyak 1 sendok makan saja setiap hari, dan dicampurkan pada pakan ayam yang biasa diberikan.

Selain memberikan kandang yang nyaman dan pakan yang bergizi, pastikan juga air minumnya diganti setiap hari.

Di usia ayam yang menginjak 2 bulan ini, Anda tak perlu lagi memberikan tambahan vitamin. Kandang yang bersih dan nyaman, air minum yang bersih, serta pakan yang bergizi sudah cukup dapat membuat ayam bertumbuh dengan cepat.

Agar Anak Ayam Tumbuh Cepat, Tak Hanya Pakan Saja yang Diperhatikan

Memang betul, pakan ayam merupakan hal terpenting yang harus Anda perhatikan jika ingin ayam-ayam yang Anda budidayakan bisa tumbuh sehat, kuat, dan dengan cepat. Namun, tidak hanya itu saja yang menjadi satu-satunya hal yang dapat membuat ayam tumbuh dengan baik.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

·     Genetika. Secara keturunan, jika memang Anda ingin memiliki anakan ayam yang bisa tumbuh cepat besar, maka pejantan dan induknya juga harus merupakan ayam yang berkualitas, kuat, sehat, dan besar.

·     Pola pakan pejantan dan induk juga harus sangat diperhatikan, agar kemudian ketika bertelur, telurnya juga memiliki kualitas yang baik.

·       Setelah telur menetas, jangan lupa berikan voer 591 ataupun AD1 yang digiling halus. Jaga supaya anak ayam tidak kekurangan makanan dan minuman. Biarkan anak ayam makan sesukanya, dan sekuatnya. Tidak perlu diet.

Nah, semoga sedikit ulasan mengenai pakan ayam umur 2 bulan agar cepat besar, berikut cara perawatannya di atas bisa memberikan sedikit gambaran bagi Anda yang ingin mulai membudidayakan ayam ya.

Yang pasti, memang pakan menjadi hal yang sangat penting dalam pertumbuhan ayam. Namun, Anda juga jangan sampai melupakan hal-hal lain yang juga dapat memengaruhi prosesnya.

Semoga bermanfaat.