Cara Membuat Pakan Ayam agar Cepat Gemuk

Setiap peternak atau pembudidaya ayam pasti akan selalu ingin agar hewan ternaknya tumbuh sehat. Karena itu, jika Anda juga ingin demikian juga, satu hal yang harus Anda ketahui adalah cara membuat pakan ayam agar cepat gemuk.

Mengapa harus paham? Karena jika Anda sampai salah dalam pengolahannya, bisa jadi gizi ayam menjadi tak seimbang yang kemudian akan berakibat pada kesehatannya. Jangankan gemuk, ayam bisa saja malah jatuh sakit.

Perlu Anda ketahui juga, bahwa setiap jenis ayam butuh asupan makanan yang berbeda. Karena itu, Anda harus mengenali racikan mana yang sesuai untuk masing-masing jenis ayam yang dibudidayakan.

Berikut ada beberapa cara membuat pakan ayam agar cepat gemuk sesuai dengan jenis ayam.

Cara Membuat Pakan Ayam Kampung

Ayam kampung sebenarnya merupakan jenis ayam yang relatif cukup mudah perawatannya. Namun, tetap saja, jika Anda membudidayakannya, Anda tentu harus memikirkan pakan agar ayam kampung dapat tumbuh sehat dan kuat, serta gemuk.

Jika ingin ayam kampung tumbuh dengan baik, maka berikanlah makanan dengan kualitas gizi yang baik dan memiliki banyak kandungan protein, mineral, dan vitamin.

Siapkan bahan-bahan berikut:

50% jagung kuning yang sudah digiling

25% dedak halus yang masih baru

1-2 sdm tepung ikan

25% beras pecah

Secukupnya dedaunan, misalnya daun pepaya, singkong, bayam, sawi, atau kol.

Cara membuat pakan ayam kampung:

Potong kecil dedaunan, sesuaikan agar ayam tak kesulitan memakannya. Lalu, campurkan semua bahan menjadi satu. Berikan pada ayam.

Jika berada di daerah yang cukup dingin, akan lebih baik jika pakan dicampur dulu dengan air hangat, terutama jika diberikan di pagi hari.

Cara Membuat Pakan Ayam Pedaging

Ayam pedaging akan butuh tambahan konsentrat agar dapat tumbuh optimal.

Siapkan bahan-bahan berikut:

39 kg konsentrat

5.5 kg dedak halus yang masih baru

55 kg jagung

0.5 kg premix

    Cara membuat pakan ayam pedaging:

Giling semua bahan di atas sampai halus hingga berbentuk tepung. Setelah itu, aduk merata dan siap diberikan pada ayam.

Cara Membuat Pakan Ayam Petelur

Ayam petelur, seperti halnya ayam pedaging, juga butuh gizi yang seimbang seperti pakan komplit. Jika Anda ingin membuat pakan sendiri, ikuti caranya di bawah ini.

Siapkan bahan-bahan berikut:

30% konsentrat ayam petelur

50% jagung halus

15% dedak padi

Cara membuat pakan ayam petelur:

Giling semua bahan hingga halus menjadi tepung. Pastikan dapat dicerna dengan baik oleh ayam dan juga anakannya. Campur semua jadi satu, dan berikan pada ayam.

Cara Membuat Pakan Ayam Bangkok

Ayam bangkok memiliki karakteristik tersendiri, karena mereka butuh jenis asupan gizi yang berbeda di setiap tahapan pertumbuhannya. Anda memang bisa saja membeli pakan ayam yang sudah jadi, tetapi jika ingin dapat sedikit menekan harga, Anda juga bisa membuatnya sendiri.

Perhatikan beberapa langkah berikut terkait pemberian pakan dan usia ayam bangkok itu sendiri:

• Anak ayam bangkok umur 0 – 14 hari: butuh multivitamin yang dicampurkan ke dalam wadah minum. Pakan berupa dedak halus yang biasa diberikan pada ayam pedaging.

• Anak ayam bangkok umur 15 – 30 hari: berikan pakan yang lebih banyak mengandung protein, lemak, dan serat. Bisa berupa jagung halus, dedak, ditambah tepung ikan dengan perbandingan 2 : 3 : 1.

• Ayam bangkok umur 1 – 3 bulan: berikan pakan voer ayam 591 untuk yang berumur 1 bulan, 592 untuk ayam umur 2 bulan, dan 593 untuk yang sudah berumur 3 bulan, yang dapat dibeli di toko unggas. Anda dapat mencampur pakan voer dengan ampas tahu, tepung ikan, menir jagung, susu bayi kedaluwarsa, ataupun nasi basi.

• Ayam bangkok umur 3 bulan ke atas: gunakan kombinasi pakan ayam 594 dengan nasi atau beras merah.

• Ayam bangkok umur 6 bulan ke atas: berikan pakan yang lebih keras, misalnya jagung kuning, gabah, nasi, dedak, dan kacang-kacangan. Bisa dicampur dengan voer lebih tinggi, dan bisa diberikan baik dalam kondisi basah maupun kering.

Satu rahasia agar nafsu ayam bangkok dapat meningkat adalah dengan merendam dulu pakannya dengan air hangat baru diberikan. 

Demikianlah beberapa cara membuat pakan ayam agar cepat gemuk, yang dapat disesuaikan dengan jenis dan usia ayam budidaya Anda.

Tentu saja, agar ayam sehat dan gemuk itu tak hanya ditentukan dari jenis pakan saja, tetapi juga kebersihan air minum dan kenyamanan kandangnya. Jadi, pastikan air minumnya juga selalu bersih, dan kandangnya layak agar ayam tak kedinginan dan dapat tinggal dengan nyaman.

Semoga informasi mengenai cara membuat pakan ayam agar cepat gemuk ini bermanfaat ya, dan ayam budidaya Anda dapat tumbuh dengan baik.

Baca juga : Pakan Ayam Umur 2 Bulan Agar Cepat Besar